Cara Simulasi Arduino Online Dengan Tinkercad

Buat teman-teman yang baru belajar arduino mungkin sedang bingung dan bimbang mau beli papan arduino atau tidak, kalau mau beli tapi baru belajar dan belum terlalu ngerti, takutnya gak kepake, tapi pengen beli karena penasaran. Admin juga seperti itu waktu pertama mau beli arduino pas masih SMP dulu, tapi akhirnya beli juga karena saking penasarannya buat nyoba yang namanya arduino. Tapi tenang, buat temen temen yang masih ragu buat beli arduino admin punya caranya nih supaya temen temen bisa ngoding arduino secara online tanpa beli papan arduino yaitu dengan menggunakan aplikasi simulasi arduino online.

Cara Simulasi Arduino Online Dengan Tinkercad

Mungkin sudah banyak teman teman yang pernah nyobain simulasi arduino online karena simulasi arduino ini sudah sangat banyak sekali softwarenya. Tapi kali ini admin akan menggunakan software simulasi arduino gratis yang online alias melalui website. Dengan menggunakan aplikasi simulasi arduino online ini teman teman tidak perlu install software arduino ide, tidak perlu install apapun, teman-teman tidak butuh arduino apalagi kabel, dan yang paling penting simulasi arduino online ini gratis.
Pada simulasi ini admin akan menggunakan sebuah web yang bernama tinkercad.com yang merupakan website milik perusahaan terkenal autodesk. Sebenarnya tinkercad ini tidak hanya untuk simulasi arduino saja, tapi untuk elektronika project. Selain itu di tikercad ini juga ada software desain 3D online dan masih banyak lagi.

simulasi arduino gratis

Mungkin kedepannya admin akan membuat seri tutorial khusus belajar tinkecad.langsung saja kita mulai simulasi arduino online gratis di tinkercad ini.

A. Membuat Akun di Tinkercad

Sebelum teman teman bisa menggunakan software simulasi arduino di tinkercad ini tentunya teman teman harus membuat akun dulu di website mereka, jika sudah punya akun teman teman bisa langsung login. Caranya silahkan teman-teman buka wesitenya disini. Setelah teman teman buka websitenya silahkan klik tombol join now di pojok kanan atas dan tampilannya akan seperti ini:
simulasi arduino tanpa papan

kemudian teman teman klik saja create a personal account dan kemudian teman teman silahkan daftar dengan akun google atau email teman-teman, jika sudah mengisi data, nanti akan ada email verifikasi masuk ke email teman teman dan silahkan verifikasi akun teman teman.

B. Menggunakan Tinkercad untuk simulasi arduino

Jika teman-teman sudah mempunyai akun tinkercad, teman-kemudian bisa login deman akun yang sudah didaftarkan tadi. silahkan login dengan klik https://www.tinkercad.com/login jika teman teman sudah login maka tempilannya akan seperti ini
simulasi arduino online gratis

Teman teman silahkan pilih menu circuits pada sidebar di kiri. dan disana akan muncul banyak sekali setup awal project project arduino. teman teman bisa memilih setup yang sudah disediakan atau membuat sendiri dari awal yaitu dengan klik create new circuit. 

C. Membuat Project baru arduino

Kita masuk ke cara simulasi arduino online di tinkercad. Sebenarnya menggunakan simulasi arduino di tinkercad ini sangatlah mudah karena inkercad ini sangat user frendly. Mungkin teman-teman pun bisa langsung menggunakannya. Untuk membuat project baru klik tombol create new circuit. Setelah teman-teman klik maka tampilannya akan seperti ini
.
simulasi arduino dengan tinkercad

Seperti itulah tampilannya jika teman teman baru membuat project baru. tampilannya sangat simple sekali sebenarya namun fitur fitur yang diberikan sudah sangat cukup. saya akan menjelaskan bagian bagian dasar tinkercad ini.
  1. Tools, disini terdapat menu menu untuk mengatur komponen nantinya, menghapus komponen, memutar, dan lain lain.
  2. Save dan Akun, tentunya teman teman tau ini tempat save dan profil akun teman teman.namun sebenarnya tinkercad ini menggunakan fitur auto save, jadi teman teman tidak perlu save secara manual. Jika disana tulisannya sudah berubah menjadi all changes saved berarti perubahan sudah di save secara otomatis.
  3. Coding dan Simulasi, Pada menu ini teman teman memasukkan kode atau program arduino atau codingan untuk rangkaian arduino yang telah teman teman buat. setelah selesai menuliskan codingannya, untuk menjalankan codingannya klik start simulation.
  4. Komponen, disini terdapat banyak sekali komponen baik sensor input maupun output dan semuanya bisa digunakan secar gratis.
  5. Papan Percobaan, ini merupakan tempat untuk merangkai arduino teman teman.
Itulah bagian bagian dasar dari tinkercad.

D. Menggunakan Aplikasi Tinkercad

Untuk menggunakan tinkercad ini sangatlah mudah. disini saya akan mencontohkan sebuah project arduino sedarhana yaitu membuat led hidup dan mati.

1. Memilih Komponen

Untuk project kali ini kita akan membuat led hidup dan mati secara otomatis dengan arduino. Jadi komponen yang kita butuhkan adalah arduino, led, dan resistor. sebenarnya resistor tidak diperlukan disini, tapi supaya lebih realistis kita menggunakan resistor. Silahkan teman teman pilih komponen komponen tadi dan drag atau ke papan percobaan dan susun seperti gambar

sumulasi arduino gratis tinkercad

2. Merangkai komponen

Hubungkan salah satu kaki resistor ke katode dan kemudian hubungkan kaki resistor yang satunya lagi ke pin GND di arduino. Hubungkan juga Anode led ke pin 13 di arduino cara menghubungkannya sangat mudah yaitu cukup klik saja di led atau resistor tadi kemudian akan muncul kabel dan klik lagi pada pin yang diingin kan, tampilannya akan seperti ini


3. Memprogram arduino

Setelah rangkaian kita selesai, selanjutnya kita akan memprogram arduino kita silahkan teman teman klik tombol code di sudut kanan atas

kemudian pilih jenis codingnya text saja. Disini sudah ada codingan bawaan untuk hidup mati led. teman teman bisa langsung jalankan kode tersebut atau yang mau mengubah codingannya silahkan ubah sesuai keinginan. Jika sudah silahkan klik start simulation.
Hasilnya led akan hidup dan mati stiap detik. jika ingin kedip led nya lebih cepat atau lebih lambat silahkan ubah delay pada codingan tadi.
ardutekno

Deminkianlah tutorial kali ini, semoga bermanfaat. silahkan share ke sosial media dan jangan lupa subscribe supaya teman teman update terus tutorial dari ardutekno
terimasih teman teman semuanya, jika ada yang kurang jelas silahkan tinggalkan di kolom kementar dibawah.


LihatTutupKomentar