Pin Pada Arduino Uno Lengkap


Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan pin yang ada pada papan arduino uno. Setelah sebelumnya kita membahas tentang pengertian arduino dan fungsinya dan kita juga sudah membahas cara menginstall arduino ide di pc kita, sekarang kita akan melanjutkan pembahasannya yaitu tentang pin arduino uno lengkap.

Bagi teman-teman yang sudah pernah “bermain” dengan arduino tentunya sudah tau betul port dan pin-pin yang ada pada arduino. Pada arduino sendiri terdapat banyak sekali pin yang bagi seseorang yang baru masuk ke dunia arduino akan dibuat pusing dengan pin-pin ini. Mungkin sebagian teman-teman ada yang bertanya apa itu pin arduino? Pin arduino itu merupakan konektor atau mudahnya bisa kita sebut colokan-colokan kabel  yang mana fungsi pin-pin ini adalah untuk menghubungkan arduino dengan suatu inputan dan juga output.

Penjelasan Pin Pada Arduino Uno Lengkap

Pada posting pengertian arduino dan jenis jenis arduino sudah saya jelaskan kalau arduino memiliki banyak sekali jenis papannya, ada arduino uno, arduino nano, arduino mega,arduino lilypad dan lain sebagainya. Namun disini admin tidak akan menjelaskan semua pin pada semua papan arduino tersebut, karena papan arduino itu sangat banyak sekali dan pada dasarnya jenis pin arduinonya sama saja, hanya jumlah dan fiturnya saja yang berbeda. Jadi disini admin akan menjelaskan pin pada papan arduino uno saja karena papan arduino uno ini merupakan papan arduino yang paling banyak digunakan.

A. Spesifikasi Arduino

Sebagaimana admin sebutkan diatas kalau arduino uno merupakan papan artduino yang paling banyak digunakan, mengapa arduino uno? Karena arduino uno merupakan arduino yang bisa dibilang cocok karena jumlah pinnya yang tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Berikut adalah spesesifikasi arduino uno:


 Microcontroller ATmega328P
 Tegangan kerja 5V
 Tegangan input  7-12V
 Tegangan ambang  6-20V
 Banyak pin digital  14 pin
 Banyak pin PWM  6 pin
 Banyak pin analog  6 pin
 Flash memory  32 KB
 Clock speed  16 MHz


Dari spesifikasi diatas bisa kita mungkin teman teman banyak yang bertanya-tanya, kok memorynya dikit banget ya? Sebenarnya memory segitu untuk ukuran sebuah microcontroller sudah bisa dibilang lebih dari cukup. Arduino ini memang sangat ideal untuk teman-teman yang sekedar membuat project-project arduino.

Sekarang kita lanjut mempelajari pin dan por pada arduino uno, perhatikan gambar berikut!

pin pada arduino uno

B. Port pada arduino Uno

Seperti yang bisa teman teman lihat pada gambar diatas, pada arduino uno bahkan pada hampir semua jenis papan arduino terdapat 2 jenis port yaitu port usb dan port power. Pada gambar diatas port usb yaitu kotak yang berwarna kuning dan bertuliskan usb. Jenis usb yang digunakan pada arduino uno biasanya yaitu usb type B, namun karena arduino ini  open source sudah banyak kok yang meng-custom port usb arduino ini dengan usb micro karena lebih mudah didapat. Sedangkan untuk port power, arduino ini menggunakan port power 12 volt atau biasanya juga bisa memakai baterai kotak 9 volt. Walaupun sudah terdapat port power, kamu tidak harus menggunakan port ini untuk input dayanya, namun menggunakan port usb tadi juga bisa.

port arduino


C. Pin pada Papan Arduino

Sekarang kita masuk ke materi inti yaitu pin pada papan aruino. Seperti yang sudah dijelaskan di spesifikasi tadi, arduino memiliki pin yang lumayan banyak untuk mejelaskannya silahkan teman teman perhatikan lagi gambar berikut yang akan saya jelaskan keterangannya dibawah.
pin pada arduino

1. Pin serial 0 (RX) dan 1 (TX)

Pin serial berguna menerima dan mentransfer TTL serial data. Biasanya ini digunakan ketika teman teman akan mengistal bootloader.

2. Pin PWM 3, 5, 6, 9, 10 dan 11

Pin PWM ini merupakan pin yang bisa mengeluarkan output dengan nilai yang bisa kita atur. Biasanya ini digunakan dengan pin analog, sebagai contoh jika kamu ingin mengatur kecepataqn sebuah motor atau dinamo kamu bisa menggunakan pin ini.

3. Pin Digital 2, 4, 7, 8 dan 12

Pin digital ini merupakan pin yang mengeluarkan output 1 atau 0, dimana 1 bernilai true dan 0 bernilai false, mudahnya pin ini mengeluarkan output hidup atau mati. Pin PWM juga bisa digunakan sebagai pin digital. Pin digital termasuk PWM ini bisa digunakan sebagai input maupun output.

4. Pin LED 13

Pin led ini juga merupakan pin digital, namun sudah terhubung dengan led arduino.

5. Pin Analog A0, A1, A2, A3, A4, dan A5

Perlu teman teman ketahui kalau pin analog ini hanya bisa digunakan sebagai input. Lalu apa bedanya dengan pin digital? Bedanya,pin analog ini digunkan untuk memasukkan input yang nilainya berupa data analog.

6. Pin Power

Seperti namanya, pin power merupakan pin untuk menyalurkan power atau daya listrik ke inputan atau output yang kita gunakan pada project kita.
pada arduino uno sendiri terdapat 6 pin power yaitu: 3,3 volt, 5 volt, Vin, dan 3 buah pin GND atau ground atau pin negatif.

7. Pin SPI: 10 (SS), 11 (MOSI), 12 (MISO), 13 (SCK) dan Reset

Pin pin ini merupakan pin yang digunakan untuk keperluan menginstall bootloader.



gambar arduino uno


Baiklah teman teman semuanya, cukup segini dulu postingan kali ini semoga bermanfaat. Jika ada yang kurang jelas silahkan tinggalkan di kolom komentar. dukung blog ini dengan share artikel ini ke temen-temen kamu
Terimakasih.


LihatTutupKomentar