Cara Membuat Aplikasi Android Untuk Arduino Dengan Mudah

Pada era modern seperti saat sekarang ini, teknologi sudah sangat berkembang pesat. Segala jenis urusan pasti sudah ada inovasinya dibidang teknologi.

Arduino sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi pun tidak berhenti dalam mengembangkan produknya yang berbasis arduino. Sehingga pada saat ini terciptalah banyak produk arduino yang berbasis IOT yang bisa dikendalikan dengan smarthphone.

Untuk itu, pada tutorial kali ini admin akan menjelaskan cara membuat aplikasi android untuk project arduino supaya kita bisa membuat dan mengembangkan teknologi IOT dengan arduino.

ardutekno seputar arduino dan teknologi


Membuat Aplikasi Android Arduino

Biasanya pada tutorial-tutorial project arduino dengan menggunakan android, pemberi tutorial akan menjelaskan skema rangkaian, menjelaskan source code, dan memberikan link download untuk aplikasi android yang telah mereka buat. Namun, mereka tidak menjelaskan cara membuat aplikasi android untuk project arduino tersebut.

Maka dari itu, admin akan menjelaskan bagaimana caranya membuat sebuah aplikasi android untuk project arduino berbasis aplikasi android.

1. Persiapan

Untuk membuat sebuah aplikasi android, tetunya kita memerlukan sebuah software atau sebuah editor. Disini admin akan menggunakan sebuah software online gratis untuk membuat aplikasi android intuk arduino yaitu remotexy.com

Remotexy ini merupakan software online yang diciptakan khusus untuk membuat aplikasi android untuk arduino.

Baca juga: Cara Mudah Memprogram Arduino Dengan Android

Langsung saja kita mulai membuat aplikasi arduino kita.

Sebelum kamu membuat aplikasi android di remotexy ini sebaiknya kamu membuat akun terlebih dahulu, supaya aplikasi yang kamu buat nantinya bisa di save.
  1. Silahkan buka situs remotexy di remotexy.com , kemudian klik menu sign in di pojok kanan atas.
  2. Klik create account kemudian akan ada form pendaftaran seperti kamu daftar facebook biasa
    membuat aplikasi android untuk ardduino
  3. Isi semua form dengan data kamu dan submit.
  4. Jika sudah, kamu akan menerima email dari remotexy.
  5. Setelah membuat akun silahkan login dengan akun yang sudah kamu buat tadi.
Ketika kamu baru login, kamu akan langsung masuk ke tempat editor yang tampilannya seperti ini

membuat aplikasi android arduino


Berarti sekarang kita sudah bisa mulai membuat aplikasi android, yuk kita mulai.

3. Membuat Project Baru

Setelah semua persiapan selesai, yuk kita mulai membuat apikasi kita. Silahkan ikuti langkah langkah berikut ini

A. Mengatur Configuration

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat membuat project di remotexy yaitu mengatur konfigurasi. Jika kamu melihat di sidebar sebelah kanan, ada menu configuration. Di menu configuration ini silahkan kamu pilih tipe koneksi arduino kamu dengan arduino, bisa menggunakan bluetooth atau wiffi. Kemudian pilih juga tipe modul dan tipe arduino yang kamu gunakan.

Sebagai contoh, admin akan mmbuat sebuah aplikasi android untuk menghiupkan dan mematikan sebuah led dengan koneksi android menggunakan papan arduino nano dan modul bluetooth HC-06, maka configuration yang admin gunakan adalah seperti gambar berikut

membuat aplikasi android arduino


B. Memilih Elemen 

Elemen yang terdapat pada remotexy ini sudah cukup lengkap untuk membuat aplikasi project arduino kita. Terdapat tiga jenis elemen yang bisa kamu gunakan, yaitu controls, indication, dan decoration
  1. Controls, elemen ini merupakan elemen untuk kamu membuat sebuah kontrol ke arduino seperti tombol, switch, slider, potensiometer dan lainnya
  2. Indication, tentunya elemen ini sebagai penampil indikator. Jika kamu misalnya membuat project arduino pembaca suhu, maka kamu menggunakan elemen indicator ini untuk menampilkan nilainya pada android kamu.
  3. Decoration, Tentunya elemen ini untuk dekorasi dan menambahkan elemen tambahan seperti teks, panel, dan lainnya.
Untuk menambahkan suatu elemen, Kamu hanya perlu drag & drop elemen yang kamu perlukan ke layar android pada project, Kemudian atur posisi elemen tersebut, atur ukuran elemen tersebut.

Kamu juga bisa mengatur tampilan dari elemen yang kamu mau seperti warna elemen yang kamu pilih, Background dan lain-lain.

Baca juga: 3 Project Arduino Sederhana Untuk Pemula

Karena admin akan membuat aplikasi untuk menghidupkan dan mematikan sebuah led saja, maka admin hanya akan menggunakan sebuah switch saja. Silahkan drag & drop komponen switch ke layar android project kamu.

Berikut adalah tampilan Aplikasi yang admin buat

membuat aplikasi android arduino dengan remotexy


Silahkan buat tampilan aplikasi android yang menarik sesuai dengan kreeatifitas kamu.

C. Module Interface

Module interface ini merupakan  tempat kamu mengatur Pinout dan pin input pada arduino kamu. Silahkan kamu atur sesuai dengan rangkaian arduino yang telah kamu rencanakan atau sudah kamu buat.

4. Menginstall dan Menghubungkan Aplikasi Remotexy Dengan Arduino

Setelah kamu selesai mendesain dan membuat aplikasi android kamu, selanjutnya silahkan tekan tombol save terlebih dahulu agar project kamu tidak hilang, kemudian klik get source code dan kamu akan dialihkan ke halaman source code.

aplikasi android arduino


berikut langkah yang perlu kamu lakukan untuk menginstall dan menghubungkan arduino kamu dengan aplikasi dari remotexy

  1. Download aplikasi remotexy di play store, klik disini
  2. Install library remotexy di arduino ide kamu
  3. Download atau copy source code aplikasi yang telah kamu buat kemudian masukkan ke aplikasi arduino ide kamu dan upload.
  4. Buka aplikasi remotexy di hp android kamu kemudian klik tambah pada pojok kanan atas aplikasi
    membuat aplikasi android untuk arduino
  5. pilih koneksi yang kamu gunakan pada arduino kamu misalnya saya menggunakan bloetooth.
  6. Cari modul bloetooth kamu dan hubungkan. Jika sudah terhubung nantinya tampilan aplikasi di android kamu akan berubah sesuai dengan yang kamu buat tadi.
Seperti inilah tampilan aplikasi yang sudah kita buat jika sudah berhasil terhubung.



Menurut admin aplikasi ini sangat fleksibel untuk percobaan membuat project, karena ketkan ada bagian dari aplikasi yang perlu diubah, kamu tidak perlu install ulang aplikasi dan mengedit lagi, kamu hanya perlu mengubah source code pada arduino kamu.

Demikian saja dulu untuk tutorial membuat aplikasi android untuk arduino kali ini, jika ada kendala atau sesuatu yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar ya
LihatTutupKomentar