Tantangan Masa Depan | Revolusi Industri 4.0 dan Konsep VUCA


Revolusi Industri 4.0 , kata yang sering terdengar di telinga kita akhir-akhir ini. Apa itu Revolusi Industri 4,0?
Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan, dan komputasi kognitif. Industri 4.0 menghasilkan "pabrik cerdas" (wikipedia)
Namun yang akan dibahas pada artikel kali ini bukanlah industri 4.0 secara spesifik, tapi kita akan membahas dampak Industri 4.0 terhadap kehidupan manusia di masa depan dengan konsep VUCA. VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity) adalah suatu konsep yang mendeskripsikan sifat perubahan yang sedang dan akan dihadapi dunia. VUCA didefinisikan sebagai sifat tantangan masa depan. Maka dari itu kita akan membahas suatu isu yang sangat menarik yaitu tantangan masa depan industri 4.0 dengan konsep VUCA.
Sebelum masuk ke konsep VUCA, kita akan mengenal industri 4.0 terleebih dahulu. yuk lanjut!

Indusri 4.0

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Revolusi Industri 4.0 adalah perkembangan teknologi pasda industri. Revolusi ini tentunya mempunyai dampak baik positif maupun negatif yang signifikan terhadap kehidupan manusia. Revolusi ini juga mempengaruhi hampir di semua bidang seperti ekonomi, politik, sosial, bahkan militer.
Lalu, apa saja  teknologi baru pada indusri 4.0?

1. Interkoneksi

Interkoneksi adalah hubangan antara manusia, mesin, komputer, dan alat alat dalam berkomunikasi satu sama lain dengan IOT(Internet of Things) atau IOP(Internet of People)

2. Transparansi Informasi

karena adanya interkoneksi tranparansi informasi adalah sebuah keharusan. Contohnya saja pemerintah yang harus transparansi dalam menyampaikan data-data kepada masyarakat melalui situs resmi atau pun media resminya (meskipun lebih sering tidak transparan🙏)

3. Bantuan Teknis

Banyak inovasi mesin yang telah bisa menggantikan tugan manusia bahkan yang berbahaya sehingga manusia lebih mudah dan aman dalam pekerjaannya.

4. Pengambilan Keputusan

Industri 4.0 telah berhasil menciptakan Artificial Intelegence (AI) yang bisa membantu manusia dalam mengambil keputusan.

Setelah kita memahami industri 4.0 , saya akan mencoba membahas Indusri 4.0 ini berdasarkan konsep VUCA.

Indusri 4.0 Dengan Konsep VUCA

1.Volatility

Volatility di dalam konsep VUCA maksudnya adalah berubah secara tiba-tiba atau fluktuatif. Jiika kita menghubungkan hal ini dengan revolusi industri 4.0, kita bisa lihat perubahan perkembangan teknologi akhir-akhir ini sangatlah masif. Perusahaan berlomba-lomba menciptakan inovasi teknologi yang canggih dari yang lain. Tanpa kita sadari teknologi sudah berkembang pesat, sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Perubahan teknologi ini sangatlah cepat, jika kita tidak bisa mengikutinya, kita akan tertinggal. Bahkan mungkin saat ini kita sudah tertinggal dari negara-negara lain.

2. Uncertainty

Uncertainty artinya adalah ketidakpastian. Kita tidak tahu pasti bagaimana kehidupan manusia setelah industri 4.0, kita tidak tahu dampak besar apa dari industri 4.0 terhadap manusia. Karena selain mempunyai manfaat, industri 4.0 tentunya mempunyai dampak negatif yang besar pula. Banyak pekerjaan manusia yang akan digantikan mesin atau robot yang artinya banyak orang akan kehilangan pekerjaanya. Lalu apa? apakah robot akan menguasai bumi?

3. Complexity

Indusri 4.0 ini berpengaruh ke berbagai sektor kehidupan manusia, ekonomi, politik, sosial,, itulah complexity atau kompleksitas yaitu keterkaitan isu ini ke berbagai komponen dalam satu sistem.Contohnya, dalam aspek ekonomi indutri 4.0 membawa dampak besar, salah satunya pekerjaan yang tergantikan robot tadi, dalam hal politik pemerintah harus menyeimbangkan regulasi terhadap revolusi ini.

4. Ambiguity

Ambiguity atau ambigu dalam hal ini menurut saya hampir sama dengan uncertainty. Tapi kalau ambiguity ini mungkin bisa kita hubungkan dengan pandangan orang yang berbeda-beda dalam melihat suatu isu atau informasi simpang siur yang tersebar yang menjadikan isu tersebut menjadi ambigu. Hal ini tentunya juga terjadi pada isu revolusi industri 4.0, banyak beredar konsep bahwa semua pekerjaan akan digantikan robot atau mesin, kecerdasan buatan, dan lain sebagainya.

Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Setelah kita memahami revolusi industri dan konsep VUCA, lalu bagaimana cara kita menghadapi revolusi industri ini? apa yang harus kita siapkan untuk menghadapi revolusi industri 4.0 ini?
Kita harus mempersiapkan diri kita untuk menghadapi revolusi industri 4.0 agar kita bida survive menghadapi industri 4.0 ini. Salah satu yang harus kita persiapkan adalah skill dan soft skill yang kita miliki. Kita harus mempunyai skill yang mumpuni agar kita tetap bisa diterima di industri 4.0 terutama skill di bidang teknologi. karena kalau kita tidak memiliki skill maka tentunya kita tidak akan bisa survive, minimal kita mahir dalam mengoperasikan komputer.
Selain skill, kita juga harus mempunyai pengetahuan dan wawasan yang luas. Kita harus bisa memahami lingkungan, membaca situasi dan kondisi serta mampu beradaptasi terhadap perubahan.
Hal yang paling harus kita persiap kan dalam menghadapi industri 4.0 ini adalah selalu belajar, selalu belajar hal hal baru agar kita tidak ketinggalan. selain belajar, kita juga harus memiliki pikiran yang berkembang.

#TantanganMasaDepan #DuniaVUCA #OSKMITB2020 #TerangKembali

LihatTutupKomentar