-->

Apa itu Arduino? Pengertian Arduino, dan Jenis Jenis Arduino


arduino uno
arduino uno
Arduino, Bagi sesorang yang suka belajar elektronika dan belajar tentang robot pastinya sudah sering mendengar nama arduino ini sendiri. Arduino saat ini merupakan salah satu microcontroller yang sangat populer di dunia dengan banyak sekali pengguna i eropa dan asia. Selain itu, sekarang ini komunitas arduino pun sudah sangat besar dan tersebar luas diumana mana.
Ini merupakan postingan pertama pada seri/kategori arduino. Disini admin akan menjelaskan secara lengkap apa itu arduino, apa kegunaan arduino, dan jenis-jenis arduino.

1. Apa itu Arduino?

Arduino adalah suatu alat elekronik yang berfungsi sebagai microcontroller yang bisa di program untuk melaksanakan perintah perintah tertentu baik dari input yang masuk melalui sensor atau perintah langsung melalui program komputer kemudian memprosesenya dan mengeluarkan output. Sederhananya arduino adalah alat yang bisa di program untuk mengendalikan suatu input ataupun output elektronik.
Arduino menggunakan prosessor atmel AVR yang tentunya sudah sangat familiar bagi orang yang bergelut di dunia elektronika. Prosessor atmel ini merupakan prosessor yang sangat banyak digunakan dalam bidang instrumentasi. Atmel AVR memiliki arsitektur RISC 8-bit dimanasemua instruksi dikemas dalam kode 16-bit. Artinya, arduino ini sudah sangat cukup bagi kamu yang ingin membuat suatu alat elektronik ataupun robot yang tidak terlalu kompleks.

2. Apa Fungsi Arduino?

Pada umumnya arduino digunakan untuk membuat robot, baik robot yang sederhana sampai robot yang kompleks sekalipun seperti robot hexapod sekalipun bisa dibuat dengan arduino. Disini arduino digunakan sebagai microcontroller atau bisa kita sebut sebagai otaknya robot. Selain untuk membuat robot, arduino juga biasa digunakan untuk membuat project-project elektonik keren dengan arduino seperti alat untuk mendeteksi pencuri, sistem penyiram tanaman otomatis, saklar lampu otomatis yang bisa mendeteksi cahaya, dan masih banyak lagi alat alat keren yang bisa kita buat dengan alat yang bernama arduino ini.

3. Bahasa Pemrograman Arduino

Pada dasarnya arduino mnggukan bahasa C yang diintegrasikan kedalam bentuk bahasanya sendiri yaitu bahasa arduino. Namun, bahasa arduino ini masih memiliki sistem dan bentuk yang sama dengan bahasa aslinya yaitu bahasa C. Jadi bagi kamu yang sudah mengenal dan pernah menggunakan bahasa C tentunya akan mudah sekali memprogram arduino ini. Untuk software pemrogramannya pun arduino menggunkan softwarenya sendiri yaitu arduino ide.

4. Jenis Jenis Arduino

Setelah sekitar 9 tahun arduino didirikan, tentunya sekarang arduino sudah sangat berkembang sekali. Sudah banyak sekali produk-produk yang dikeluarkan oleh arduino. Berikut adalah jeni-jenis arduino:
  1. Arduino Uno
  2. Arduino Due
  3. Arduino Mega
  4. Arduino Leonardo
  5. Arduino Lilypad
  6. Arduino Fio
  7. Arduino Nano
  8. Arduino Mini
  9. Arduino Micro
  10. Arduino Ethernet
  11. Arduino Explora
  12. Arduino Robot
Itu merupakan jenis-jenis arduino yang ada saat ini. Silahkan teman-teman memilih arduino yang sesuai dengan kebutuhan ya.
Jika teman-teman ingin tahu lebih jelas tentang arduino silahkan kunjungi website resminya www.arduino.cc
Cukup ini dulu ya artikel kali ini, selanjutnya admin akan memposting cara intall arduino jadi kunjungi terus blog ini, kalau ada yang kurang jelas boleh komen di bawah dan jangan lupa berlangganan gratis.
Terimakasih


LihatTutupKomentar