Cara Membuat Charger HP di Motor Dengan Mudah

Kebanyakan motor keluaran baru sudah menambahkan fitur untuk charger hp, seperti New Honda Supra X 125 PGM FI, Honda Scoopy 2019, Yamaha Lexi 125, dan masih banyak lagi motor yang mempunyai fitur charger hp ini.

Fitur charger hp di motor ini akan sangat berguna saat kamu sedang dalam perjalanan jauh dimana kamu tidak bisa mengisi baterai hp kamu. Seperti halnya pada saat mudi lebaran.

Selain untuk perjalanan jauh,  charger HP di motor ini  juga sangat berguna bagi seorang driver ojek online, karena tentunya seorang driver ojek online tentunya memerlukan  sumber daya setiap saat untuk mengisi daya HP yang di gunakan untuk mencari penumpang.

Jika kamu masih menggunakan motor keluaran lama yang tidak memiliki charger motormu, kamu tidak perlu khawatir, karena pada artikel ini saya menjelaskan bagaimana cara membuat sebuah charger HP di motor.

Berikut adalah cara membuat charger hp di aki motor.

Membuat Charger HP di Aki Motor

Cara Membuat Charger HP di Aki Motor


Dengan charger HP di motor ini, kamu tidak perlu selalu menghidupkan motor kamu untuk mengisi daya HP di charger motor ini. Kamu tetap bisa mengisi daya hp kamu ketika motor dalam keadaan mati karena charger motor HP ini di hubungkan ke aki motor sehingga tetap bisa digunakan walaupun motor dalam keadaan mati.

yuk kita mulai merakit charger hp di aki motor


1. Komponen

Untuk membuat charger hp sederhana menggunakan aki motor, kita hanya memerlukan beberapa komponen berikut:
  1. IC Regulator 7805
  2. Heatsink atau pendingin regulator
  3. Kapasitor 100 uF/ 25V
  4. Kapasitor 10 uF/ 12V
  5. Resistor 1k ohm
  6. Port USB type A
  7. Papan PCB
  8. LED (opsional)
  9. Kabel secukupnya
Kamu bisa membeli komponen-komponen tersebut di toko elektronika lokal di daerah kamu atau juga kamu bisa beli online.


2. Cara Kerja

Sebelum kita mulai merakit charger hp di motor ini, saya mau jelaskan dulu cara kerja atau sistem alat yang kita buat ini. Jadi alat ini pada dasarnya berfungsi untuk menurunkan tegangan aki pada motor kita dari 12 volt menjadi 5 volt , sehingga, karena tegangan sudah menjadi 5 volt, kita bisa menggunakannya untuk mengisi daya baterai hp kita.
Jadi, alat charger hp di motor ini akan kita hubungkan ke aki motor kita, dan outpunya kita hubungkan ke kabel usb untuk mengisi daya hp kita.


3. Skema Rangkaian

Berikut adalah skema rangkaian charger hp di aki motor

skema power supply 5 volt
skema rangkaian charger hp di aki motor

Dengan melihat skema rangkaian diatas saja tentunya kamu sudah paham rangkaiannya, Karena rangkaian ini sangat sederhana.

Jika kamu sudah paham dengan rangkaian yang akan dibuat yuk kita lanjut merakit komponennya


3. Merakit Alat Charger HP di Motor

Setelah semua komponen sudah kamu siapkan sekarang kamu hanya perlu merakit atau merangkai komponen komponen tersebut`sesuai dengan rangkaian di atas.

Jika kamu belum paham berikut penjelasannya

  1. IC Regulator 7805 mempunyai 3 kaki, kaki kiri merupakan input, hubungkan ke kabel input dan ke kaki positif kapasitor 100uF
  2. Kaki tengah IC Regulator 7805 merupakan GND atau negatif, hubungkan ke input negatif
  3. Kaki kanan IC Regulator 7805 merupakan uotput postif yang nilainya sudah menjadi 5 volt. Hubungkan ke kaki positif kapasitor 10uF.
  4. Led digunakan sebagai indikator bahwa alat charger hidup atau mati, hubungkan led dengan output yang sudah 5 volt, jangan lupa memakai resistor agar led tidak putus.
  5. Output positif 5 volt dan negatif hubungkan ke port usb female sehingga kamu bisa langsung mencolokkan kabel usb kamu ke alat ini.
Silahkan kamu solder ke papan pcb bolong, atau jika kamu ingin lebih bagus kamu bisa bikin custom pcb kamu sendiri.

Jika kamu menyolder semua komponennya ke pcb dengan rapi maka hasilnya kira-kira bisa seperti ini

alat charger hp di aki motor murah

Pada gambar diatas outputnya tidak menggunakan Port usb, namun hanya menggunakan konektor kabel biasa, agar lebih mudah digunakan, kamu bisa menambahkan port usb, sehingga kau tinggal mencolokkan saja kabel usb ke alat dan ke hp kamu.

Sebagai tambahan, kamu bisa memasang sakelar atau switch agar kamu bisa menghidupkan alat ini saat diperlukan saja.

Penting!!

Jangan sampai salah menempatkan positif dan negatif pada output ke port usb untuk charger hp kamu, karena jika salah dapat menyebabkan kerusakan pada hp
Pasangkan juga heatsink pada IC Regulator 7805, karena IC regulator bisa sangat panas saat beroperasi.


4. Pemasangan Alat ke Aki Motor

Setelah kamu selesai merakit alat charger hp motor ini, selanjutnya kamu akan memasang alat ini ke motor mu. Cara memasangnya juga sangat mudah, Hubungkan input positif di alat ke positif aki, dan negatif ke negatif dengan menggunkan kabel. Dengan begitu, alat akan langsung hidup, dan kamu dapat langsung menggunkaannya.

Untuk penempatan alat pada motor, Kamu bisa menempatkan alat ini di tempat yang bagus menurutmu seperti di dalam box atau bisa sekalian kamu letakkan kedalam kap motor kamu dan memasang portnya diluar. Hal yang perlu kamu perhatikan yaitu kamu perlu mengemas alat ini agar tidak basah saat hujan atau saat mencuci motor.

Demikianlah tutorial cara membuat charger hp di motor, jika ada kendala atau ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar.

Bagi teman-teman yang berminat untuk dipakai atau dijual kembali silahkan order melalui WhatsApp Disini. Melayani pengiriman ke seluruh Indonesia. Dijamin murah meriah

Bagi pembaca ardutekno, jika ada request tutorial atau artikel ilahkan tulis juga ya dibawah
terimakasih



LihatTutupKomentar