-->

Cara Mudah Memprogram Arduino Dengan Android

cara memprogram arduino dengan android

Sekarang ini merupakan zaman dimana teknologi berkembang dengan pesat, termasuk berkembangnya teknologi robotika dan microcontroller termasuk arduino. Saat ini sudah banyak sekali inovasi-inovasi dibidang teknologi arduino yang dikembangkan untuk mempermudah pengguna arduino dalam menggunakan arduino itu sendiri.

Seperti halnya yang akan admin bahas kali ini, yaitu sebuah inovasi aplikasi untuk memprogram arduino dengan menggunakan android, Loh, emang bisa ya? Bisa dong pasti, yuk kita bahas


Memprogram Arduino Dengan Android

cara mudah memprogram arduino dengan android

1.Persiapan

Agar kamu bisa memprogram arduino kamu menggunakan android, maka kamu harus menyiapkan beberapa alat berikut
  1. Kabel OTG
  2. Kabel data arduino
  3. Aplikasi ArduinoDroid, silahkan download di playstore atau klik disini
Jika kamu memiliki semua bahan yang dibutuhkan dan menginstall aplikasinya, yuk lanjut

Baca juga: Fungsi dan Jenis-Jenis Pin pada Papan Arduino

2. Menulis Program Arduino di ArduinoDroid

Sebelum kamu memprogram sebuah arduino, tentunya kamu harus menulis program arduino atau biasa disebut source code terlebih dahulu. Dengan menggunakan aplikasi ArduinoDroid ini kamu tidak perlu menulis program arduinonya di komputer, karena pada aplikasi ini sendiri sudah tersedia fitur untuk menulis baris-baris kode program arduino.

Baca juga: 3 Project Arduino Sederhana Untuk Pemula

Untuk Menulis program arduino di aplikasi ArduinoDroid ini sangat mudah, kamu cukup membuka aplikasinya, kemudian di aplikasi tersebut kamu akan langsung bisa menuliskan program arduino yang akan kamu upload ke papan arduino kamu.
Berikut adalah tampilan aplikasi ArduinoDroid

cara mudah memprogram arduino dengan aplikasi android

3. Compile Program yang sudah Kamu Buat

Setelah kamu menulis program arduino di aplikasi android tadi, kamu tentu harus meng-compile program yang sudah kamu buat tersebut. Pada aplikasi program arduino dengan android ini kamu bisa langsung eng-compile program arduino yang telah kamu buat.

Setelah selesai menulis program arduino, untuk compile program yang sudah kamu buat, tekan tombol dengan logo petir pada bagian atas aplikasi
perhatikan gambar berikut

cara mudah memprogram arduino uno dengan android


4. Upload Program yang sudah Kamu Tulis ke Arduino

Jika kamu sudah berhasil meng-compile program codingan kamu, maka kamu sudah bisa mengupload codingan arduino kamu tersebut ke papan arduino dengan android. Untuk meng-upload program arduino melalui android ini sangatlah mudah. Ikuti langkah di bawah ini

  1. Hubungkan papan arduino kamu pada android dengan menggunakan kabel data dan OTG ke android kamu.
  2. Pilih jenis arduino yang kamu gunakan dengan klik titik tiga di kanan atas aplikasi, kemudian pilih settings dan pilih board type dan kemudian pilihlah tipe arduino yang kamu gunakan.
  3. Setelah arduino kamu terdeteksi di android kamu, kamu bisa langsung mengupload codingan arduino kamu
  4. Untuk mengupload program arduino kamu, tekan tombol bergambar download di bagian atas aplikasi di samping tombol compile tadi.
  5. Selesai, jika kamu berhasil memprogram arduino dengan aplikasi android ini, maka akan ada tulisan upload finished

5. Kesimpulan

Dengan memprogram arduino dengan menggunkan android, tentunya kamu akan sangat mudah dan sangat terbantu dalam memprogram arduino karena jika kamu sedang tidak bisa membuka laptop atau komputer kamu tetap bisa memprogram arduino.

Untuk fitur yang ada pada aplikasi program arduino di android pun fiturnya sudah sangat lengkap untuk sekedar memprogram arduino saja, dan hampir semua fitur yang ada pada arduino ide di komputer juga ada pada apliukasi di android ini.

Berikut adalah kelebihan dan kekurang meprogram arduino dengan menggunakan android sesuai dengan pengelaman admin selama memakai aplikasi ini

A. Kelebihan Memprogram Arduino Dengan Android

  1. Bisa memprogram arduino dengan simple dan mudah dimana saja dan kapan saja walaupun tidak ada komputer karena android yang sifatnya portable dan mudah di bawa.
  2. Fitur yang ada pada aplikasi android sudah lengkap seperti arduino ide di komputer.
  3. Kamu bisa menulis program codinga arduino kamu seketika ketika kamu baru dapat ide supya tidak lupa jika misalnya kamu sedang tidak buka komputer.
  4. Alternatif bagi teman teman yang belajar arduino jika tidak punya komputer atau komputer teman teman sedang rusak.
  5. Dan yang paling penting aplikasi ini gratis dan tanpa iklan yang mengganggu.

B. Kekurangan Memprogram Arduino Dengan Android

  1. Tidak bisa paste atau menempel code di editornya, berdasarkan pengalaman admin saat mencoba aplikasi ini, aplikasi ini tidak bisa menempelkan source code yang admin copy di internet.
  2. Tampilan editor kecil, karena editor di android, temtu saja tampilannya tida seluas di komputer, ditambah lagi terpoting dengan keyboard android. Jadi kalau kamu menggunakan aplikasi ini kamu harus terbiasa dengan tampilan yang kecil yang membuat kamu tidak leluasa saat ngoding.

Baiklah semuanya, itulah tadi cara mudah memprogram arduino dengan android, semoga artikel ini bermanfaat, jika ada perytanyaan atau saran silahkan tulis di kolom komentar di bawah ya
Terimakasih dan share ke teman-teman kamu ya

LihatTutupKomentar